Melalui Program Studi Profesi Apoteker, Jurusan Farmasi Universitas Islam Indonesia (UII) berkomitmen untuk terus mengembangkan pembelajaran yang berbasis kerjasama antar tenaga kesehatan. Pembelajaran ini biasa dikenal dengan Inter Profesional Education (IPE). Seperti yang dilakukan belum lama ini, dimana Profesi Apoteker UII menggandeng Politeknik Kesehatan (Poltekes) Yogyakarta menyelenggarakan promosi kesehatan yang dilakukan secara daring pada hari Sabtu, 29 Shafar 1442 H /17 Oktober 2020. Dengan mengusung tema “Sehat Jiwa dan Raga di Masa Pandemi”, mahasiswa dari PSPA UII dan Poltekes Yogyakarta didampingi dosen memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini masyarakat yang berasal dari aceh hingga papua ini diberikan penyuluhan tentang begaimana menjaga kesehatan fisik dan mental di masa pandemi Covid-19.

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPE ini bukanlah yang pertama dilaksanakan oleh PSPA UII. Sebelumnya, PSPA UII telah berkolaborasi dengan beberapa fakultas di UII seperti Fakultas Kedokteran dan Psikologi UII. Pada tahun awal tahun ini PSPA UII sukses berkolaborasi dengan Faculty of Pharmacy dan Public Health dari Rhode Island University. Melalui pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi pengenalan sejak dini pada seluruh mahasiswa bahwa setiap profesi dapat bekerjasama dan berkolaborasi dalam memberikan pelayanan kesehatan. Selain itu mahasiswa diharapkan dapat menyadari dan memahami bahwasannya terdapat perbedaan peranan dan tanggungjawab antar profesi kesehatan. Hal ini dinilai menjadi langkah strategis bagi klaster kesehatan pada seluruh universitas di Indonesia untuk mencetak lulusan yang amanah, professional. Selain itu juga, lulusan nantinya dapat berkejasama dan berkolaborasi antar profesi di bidangnya serta mampu menjawab tantangan kesehatan di Indonesia.

Salah satu dosen Jurusan Farmasi, apt. Yosi Febrianti, M.Sc. menyampaikan bahwa promosi kesehatan ini merupakan salah satu program unggulan dari PSPA UII. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin tiap satu semester. Selain itu disampaikannya kegiatan ini merupakan bagian dari bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. (Lindung)