Pusat Informasi Obat (PIO) yang merupakan salah satu Pusat Studi di bawah Jurusan Farmasi Fakultas MIPA UII menyelenggarakan Webinar Kesehatan pada sabtu (28/11) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Narasumber yang dihadirkan pada acara tersebut adalah salah satu Dosen Jurusan Farmasi FMIPA UII, ibu Dr. apt. Arba Pramundita Ramadani, M.Sc. Acara webinar dimulai pukul 09.00 WIB dengan diikuti oleh sekitar 280 peserta dari seluruh Indonesia.

Masa pandemi Covid-19 belum berakhir, bahkan menurut data dari situs website resmi nasioanl (www.covid19.go.id), jumlah korban semakin meningkat dari hari ke hari. Hingga tanggal 29 November 2020 lalu, warga yang terkonfirmasi positif Covid 19 di Indonesia mencapai 543 ribu jiwa, telah meningkat 13% dari hari sebelumnya. Dalam situasi seperti ini, selain memikirkan tentang bagaimana mengedukasi masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, para ahli tentu juga memikirkan upaya pencegahanya yakni dengan merancang pembuatan vaksin.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Indonesia sedang mengembangkan pembuatan vaksin Covid 19. Berita ini tentu menimbulkan pro kontra di masyarakat kita. Pasalnya, sebagian masyarakat meragukan keamanannya karena pengujian yang singkat. Oleh karena itu, webinar kesehatan ini bertemakan “Kupas Tuntas Pro dan Kontra Vaksin Covid-19 di Indonesia” dengan tujuan untuk memberikan tambahan wawasan tentang vaksin kepada peserta serta menumbuhkan idealisme dalam menanggapi isu vaksin Covid 19 yang tengah beredar di Indonesia. Para peserta sangat antusias dan webinar diakhiri dengan foto bersama serta pembagian doorprize oleh panitia.