Collaboration Research Farmasi UII dan Central Research and Animal Facility

 

Kulliyah of Science, International Islamic University Malaysia, Kuantan-Malaysia : Ass. Prof. Dr. Mohd. Hamzah bin Mohd Nasir menerima dengan semangat rombongan dari Jurusan Farmasi UII. Selama 1 minggu dari 28 Juli-3 Agustus 2019, Dosen dan Mahasiswa Farmasi UII akan melakukan penelitian dengan menggunakan fasilitas laboratorium Zebra Fish yang ada di CREAM IIUM.

Penelitian Acute Toxicity of Pegagan ( Centella asiatica) Extract SNEDDS and Kangkung (Ipomoea reptans, Poir) Leaf Extract SNEDDS in zebrafish (Danio rerio) embryo merupakan implementasi dari Riset Kolaborasi Internasional antar kedua institusi. Dosen kami yang mendapatkan kesempatan berkunjung yaitu Dr. Lutfi Chabib, M.Sc., Apt. bersama mahasiswa Jurusan Farmasi yang terlibat dalam penelitian ini diantaranya Sumayya, Silmi Fauzi Izza Tsani dan dibantu oleh research assistant ; Rizki Awaluddin, S.Farm.

Aktivitas penelitian sebelumnya dilakukan di Laboratorium Jurusan Farmasi UII ; Persiapan pembuatan ekstrak dan SNEDDS kangkung dan pegagan dibawah bimbingan sekaligus Ketua Riset Kolaborasi Internasional, Dr. Farida Hayati, M.Si, Apt. Selanjutnya penelitian dilakukan dengan sharing fasilitas laboratorium yang ada di Central Research and Animal Facility (CREAM), Kulliyah of Science, International Islamic Universiti Malaysia (IIUM), Kuantan Malaysia.

 

Setelah semua tahap persiapan selesai, di IIUM adalah tahapan Presentasi rencana penelitian, Breading ikan zebra dan seleksi embrio, Pemaparan sediaan ekstrak kangkung dan pegagan pada embrio ikan zebra, dilanjutkan pengamatan dengan Danioscpore.