ICPRP 2024: Menggali Potensi AI dan Data Sains dalam Dunia Farmasi

Yogyakarta, 14 September 2024 – Dunia farmasi terus berkembang pesat dengan munculnya teknologi baru. International Conference on Pharmaceutical Research and Practice (ICPRP) 2024, yang diselenggarakan di Alana Hotel Convention Center Yogyakarta, menjadi wadah bagi para ahli dan peneliti untuk mendiskusikan peran penting kecerdasan buatan (AI) dan data sains dalam pengembangan obat-obatan serta praktik kefarmasian.

Dengan tema “Emerging of AI and Data Science in Pharmaceuticals”, ICPRP 2024 telah menghadirkan pembicara-pembicara terkemuka dari berbagai negara untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka. Peserta diajak untuk menggali lebih dalam mengenai penerapan AI dalam pengembangan obat baru, analisis data klinis, dan personalisasi pengobatan.

Sebelum konferensi utama, sejumlah workshop telah diselenggarakan di Universitas Islam Indonesia pada tanggal 11-13 September 2024. Workshop ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk memperdalam pemahaman mereka mengenai topik-topik spesifik yang terkait dengan AI dan data sains dalam farmasi. Terdapat tiga topik workshop yang diselenggarakan tepat sebelum konferensi utama yaitu Workshop Nano-pharmacy, Workshop Endophytic Fungi, dan Workshop Education. Workshop Nano-pharmacy mengangkat topik ”Design of Smart and Target Drug-Herbal Nanomedicine For Safe and Effective Therapy” yang diselenggarakan di Laboratorium Teknologi Farmasi dengan mengundang instruktor yaitu Sjaikhurrizal El Muttaqien, Ph.D. (BRIN – Vaccine and Drugs Research Center), Fitria Dwi Ayuningtyas, Ph.D. (Head of ITB-Olympus Bioimaging Center; Nanocenter ITB), Ebrahim Saad Sadaaqa, M.Si., Pharm.D. (Doctoral Candidate Int. Student ITB), Prof. Dr. apt. Yandi Syukri, M.Si. (UII-Nanopharmacy), apt. Bambang H. Nugroho M.Sc. (UII-Nanopharmacy), dan apt. Hannie Fitriani, M.Farm. (UII-Nanopharmacy). Workshop Endophytic Fungi mengangkat topik ”Introduction To Isolation of Endophytes As A Source of Bioactive Metabolites” yang diselenggarakan di Laboratorium Fungi Endofit mengundang instruktor yaitu Muhammad Ilyas, M.Si. (BRIN) dan Dr. apt. Asih Triastuti, M.Pharm. (UII). Sementara Workshop Education mengangkat topik ”Optimization AI for Education” yang diselenggarakan di Auditorium Lt 4 Gedung FMIPA UII dengan mengundang instruktor yaitu Prof. Peter W. Swaan, Ph.D., M.Pharm. (University of Florida, USA) dan Ahmad Fathan Hidayatullah, S.T., M.Sc. (UII).

Jurusan Farmasi Universitas Islam Indonesia, sebagai tuan rumah konferensi Internasional ini telah mengudang para akademisi, praktisi farmasi, mahasiswa, dan semua pihak yang berkepentingan dalam dunia farmasi untuk turut berpartisipasi dalam ICPRP 2024. Konferensi ini diikuti oleh lebih dari 150 Participants baik itu presenter, listener, dan speaker dengan total delapan negara yang terlibat, baik itu dari kalangan akademisi, peneliti, praktisi, maupun Mahasiswa. Selain jurusan Farmasi, turut serta sebagai co-host dalam penyelenggaraan ICPRP 2024 ini, International Islamic University of Malaysia (IIUM) dan Universitas Mulawarman.

Konferensi ICPRP 2024 diawali dengan Key-note Speech yang disampaikan oleh Deputy Chair for Research and Cooperation, Association of Indonesian Pharmacy Higher Education Prof. apt. I Ketut Adnyana, M. Si., Ph.D., dilanjutkan dengan sesi Plenary yang dipimpin oleh apt. Saepudin, S.Si., M.Si., Ph.D. dengan tiga pembicara utama yaitu Dean of Florida College of Pharmacy Prof. Peter W Swaan, Ph.D., M.Pharm., Dean Faculty of Pharmacy Mahidol University, Prof Surakit Nathisuwan, dan Pharma Business Expertise Apt. Rizman Abudaeri, S.Si.

Setelah sesi Plenary, Konferensi kemudian dilanjutkan dengan diadakan dua simposium, yang diadakan secara bersamaan. Simposium pertama, mengangkat tema, Application of Artificial Intelligence/Novel Technology on Drug Development and Clinical Practice” dengan chairperson apt. Suci Hanifah Ph.D. dengan tiga pembicara yaitu Dr. Sabariah Noor Harun, Dr. Zalikha Ibrahim, dan Dr. apt. Dimas Adhi Pradana, M.Sc. Sementara, simposium kedua mengangkat tema, “Pharmacometrics and Education in New Technology Era” dengan empat pembicara yaitu Mukhammad Andri Setiawan, M.Sc., Ph.D., apt. Okti Ratna Mafruhah, M.Sc., Ph.D., Dr. apt. Angga Cipta Narsa, M.Si., dan Dr. Nusaibah Abdul Rahim.

Kegiatan ditutup dengan pengumuman Best Oral and Poster Presentation. 1st Winner Poster Presentation diraih oleh apt. Urva Fresiva, M.Farm. (Universitas Wahid Hasyim), 2nd Winner Poster Presentation diraih oleh apt. Difa Intannia, M. Farm-Klin (Universitas Lambung Mangkurat), dan 3rd Winner Poster Presentation diraih oleh Hanan Mohammed Salem (Universitas Islam Indonesia). Sementara, di bidang Oral Presentation, 1st Winner Oral Presentation diraih oleh apt. Navista Sri Octa Ujiantari, M.Sc., Ph.D. (Universitas Gadjah Mada), 2nd Winner Oral Presentation diraih oleh Adi Hermawansyah, S.Si (Universitas Islam Indonesia), dan 3rd Winner Oral Presentation diraih oleh apt. Shofiatul Fuadah, S. Farm. (Universitas Islam Indonesia).



Custom Layout Element – You did not select an entry to display.