Fakultas Farmasi Universitas Hang Tuah Melakukan Studi Banding ke Farmasi UII

Fakultas Farmasi Universitas Hang Tuah Melakukan Studi Banding ke Farmasi UII

SLEMAN – Dalam rangka melakukan Studi Banding, Dekan dan jajaran dari Fakultas Farmasi Universitas Hang Tuah (UHT) melalukan kunjungan ke Jurusan Farmasi UII pada hari Rabu (14/8/24). Berlokasi di Ruang Sidang Utama Lt. 1 Gedung FMIPA UII, rombongan yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Farmasi UHT Prof. Dr. apt. Suko Hardjono, M.S. tersebut disambut oleh Sekretaris Jurusan Farmasi apt. Suci Hanifah, Ph.D., beserta Kaprodi Farmasi Program Sarjana apt. Muhammad Hatta Prabowo, Ph.D., Kaprodi Profesi Apoteker Dr. apt. Farida Hayati, M.Si., dan jajarannya.

”Kami sampaikan terima kasih Bapak/Ibu dari Jurusan Farmasi yang telah menerima kami untuk studi banding, kami sampaikan bahwa kami baru saja menjadi Fakultas, tahun 2014 kami masih menjadi Prodi Farmasi bagian dari Fakultas Kedokteran, dan baru tanggal 12 Mei kemarin ini kami menjadi Fakultas Farmasi. Sementara PSPA juga baru satu angkatan dan baru buka perndaftaran angkatan kedua, sehingga kami perlu mengetahui hal-hal yang perlu kami ketahui. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih banyak atas perkenannya kami untuk kunjungan ini,” sambut Dekan Fakultas Farmasi UHT Prof. Dr. apt. Suko Hardjono, M.S. dalam pembukaannya.

Selain Dekan Farmasi UHT, turut hadir dalam kunjungan tersebut Wakil Dekan I Fakultas Farmasi UHT apt. Oki Nugraha Putra, M.Farm.Klin., Wakil Dekan II apt. Pramudita Riwanti, M.Farm., Kaprodi S1 Farmasi UHT apt. Yanu Andhiarto, M.Farm., dan Kaprodi Pendidikan Profesi Apoteker apt. Yuli Ainun Najih, S.Farm., S.H., M.Farm.

Sekretaris Jurusan Farmasi UII apt. Suci Hanifah, Ph.D. salam sambutannya juga menyambut baik kunjungan Fakultas Farmasi UHT tersebut, sekaligus menjelaskan sejarah awal pendirian Prodi Farmasi UII yang telah berdisi sejak tahun 1998, dan PSPA yang berdiri empat tahun kemudian pada tahun 2002, serta lika-liku perjalanannya hingga mendapatkan akreditas Unggul secara bundling di tahun ini.

”Di UII ini memang agak berbeda strukturnya, di UII ini ada delapan fakultas namun ada dua Fakultas Teknik yang biasanya hanya satu untuk satu universitas, kemudian juga Farmasi yang umumnya Fakultas, di sini belum menjadi Fakultas. Jadi, kami bertahun-tahun di bawah Prodi Farmasi, yang berada di Fakultas MIPA, baru di tahun 2018 ada ditambah Jurusan Farmasi, yang memayungi prodi-prodi yang ada pada jurusan yang sama. Kita sendiri ada tiga prodi, yaitu Prodi Farmasi Program Sarjana, Program Magister/S2 Farmasi, dan PSPA,” jelas apt. Suci.

Selain acara diskusi yang berlangsung di Ruang Sidang Utama, rombongan kunjungan dari Fakultas Farmasi Universitas Hang Tuah juga berkesempatan mengunjungi Laboratorium Farmasi yang ada di Gedung Laboratorium Terpadu UII. – (ASF)

Penyerahan Cinderamata UII kepada Perwakilan Kunjungan Fakultas Farmasi Universitas Hang Tuah

Suasana Diskusi dan Tanya Jawab