Generale Studium 2022

Studium Generale Prodi Farmasi Program Sarjana UII tahun 2022

Prodi Farmasi Program Sarjana Jurusan Farmasi, Fakultas MIPA, UII menyelenggarakan Studium Generale mahasiswa baru Prodi Farmasi T.A 2022/2023 bertempat di Gedung Kuliah Umum GKU UII. Acara yang menghadirkan apt. SInggih Prabowo Adi, S. Farm, M.M selaku kepala Loka POM di Kabupaten Belitung, ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi bagi narasumber dan segenap Dosen karena Pak Singgih sendiri adalah alumni dari Prodi Farmasi Program Sarjana.

Ketua Jurusan Farmasi, Prof. Dr. Yandi Syukri, M.Si dalam sambutanya menyebutkan bahwa Mahasiswa Prodi Farmasi Porgam Sarjana Universitas Islam Indonesai harus memilki ciri khas lain yaitu sebuah karakter kepimpinan yang Islami, karena selain kecerdasan dan juga nilai akademik seorang pemimpin  harus memiliki sebuah karakter yang islami. Itulah perbedaan UII dengan Universitas lain.

Menyambung hal tersebut, apt. SInggih Prabowo Adi, S. Farm selaku narasumber dan juga alumni mengamini hal tersebut pasalnya itu terbukti karena saat ini sebagai Kepala Loka POM Kabupaten Belitung dirinya bisa menjadi pimpinan diusia muda dan bahkan bawahannya adalah dari Universitas lainnya yang dalam level nasional mungkin diatas UII peringkatnya, tetapi karena seorang pemimpin harusnya memiliki karakter yang terbaik maka UII adalah tempat paling cocok untuk menempa seseorang memiliki karakte pemimpin yang islami sesuai dengan Tagline UII saat ini yaitu Mencetak Cendekiawan dan Pemimpin Masa Depan.

Selanjutnya apt. SInggih Prabowo Adi, S. Farm meceritakan dari awal perjalanan hidupnya dimulai dari saat pertama kali masuk di Prodi Farmasi Program Sarjana, selanjutnya menjadi bagian dari HIMFA bahkan dimanahi sebagai ketua HIMFA , sehingga harus mampu membagi waktu antara kuliah dan organisasi, selanjutnya ketika beliau bisa lulus dengan predikat Cumlaude dan juga langsung melanjukan ke jenjang profesi apoteker dan mampu melanjutkan magister dengan beasiswa dari DIKTI, dan tentunya sampai diterima di Badan POM dan hingga saat ini di amanahi sebagai Kepala Loka POM. disebutkan semua ini bukanlah hasil dari sebuah keberuntungan tetapi dari sebuah perjuangan, kerja keras, kerja ikhlas yang penuh ari mata dibarengi doa selalu dan juga tentunya dari sebuah karakter yang terorganisir dalam  menjalin relasi.

Kemudian Studium Genarale dilanjutkan dengan pemaparan materi akademik dari Kaprodi Farmasi apt. Muhammad Hatta Parbaowo, Ph.D, disini beliau menjelaskan tentang seluk beluk perkuliahan  tentang peraturan dan juga hal penting lainnya yang mahasiswa harus tahu, berikutnya diselingi dengan pemberian apresiasi bagi mahasiswa di Jurusan Farmasi yang berprestasi. Dan terakhir penutupan yang setelahnya adalah diskusi dengan masing-masing DPA, secara keseluruhan acara berjalan lanjar dan baik sampai ruangan benar-benar steril. (Udin)