Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia EnglishEnglish

Kompetisi

Kompetisi

Kompetisi internal maupun eksternal dapat diikuti oleh mahasiswa Prodi Farmasi UII sebagai ajang untuk mengukur kesiapan diri dalam berkancah di pentas global. Keaktifan dalam berbagai ajang kompetisi akan dapat mengasah kemampuan individu mahasiswa yang bersangkutan. Beberapa kompetisi yang dapat diikuti adalah sebagai berikut:

1.        PKM

Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) diselenggarakan oleh DIKTI. Kegiatan ini dilakukan dengan menyusun proposal maupun tulisan ilmiah. Keberhasilan pada level ini akan dapat diikutsertakan dalam kegiatan berikutnya (PIMNAS). Kegiatan ini merupakan salah satu ajang paling bergengsi tingkat nasional. Mahasiswa PSF UII dapat mengikuti petunjuk teknisnya DI SINI. Selain itu, mahasiswa dapat mengunjungi laman DIKTI untuk mendapatkan informasi lainnya.

2.        OFI

Olimpiade Farmasi Indonesia (OFI) merupakan ajang tingkat nasional yang dibagi dalam ketegori klinik dan teknologi farmasi. Peserta akan diseleksi oleh prodi berdasarkan track record akademik serta seleksi langsung.

3.        Lomba Debat Farmasi

Kemampuan akademik harus diimbangi dengan keunggulan persuasif. Lomba debat ini dilakukan secara internal di prodi sebagai persiapan untuk kegiatan eksternal tingkat nasional. Mahasiswa dapat melakukan persiapan sejak semester awal untuk mengikuti kegiatan ini. Literatur yang valid diperlukan sebagai dasar kegiatan debat.

4.        Lomba Konseling Pasien

Kompetensi klinis mahasiswa harus disertai kemampuan penyampaian secara verbal. Lomba ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang persiapan sebelum terjun langsung ke masyarakat. Ketulusan dan keikhlasan diperlukan farmasis untuk berkomunikasi dengan pasien. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari sikap verbal yang terkesan hanya menunjukkan kepintaran kepada pasien. Jadwal lomba ini dapat ditanyakan kepada Dosen Pembimbing Akademik (DPA) masing-masing.

Prodi Farmasi
Fakultas MIPA
Universitas Islam Indonesia
Jl Kaliurang KM 14,5 Sleman DIY
Telp: 0274-895920,896439 Ext. 3021
Fax: 0274-896439

 Twitter  Facebook  Instagram