PIO UII merupakan pusat studi  yang  menjadi unggulan Farmasi  UII. Banyak kegiatan yang sudah berjalan sejak awal berdiri hingga sekarang, seperti penyuluhan kesehatan serta pengobatan gratis. Selain itu PIO UII aktif ikut serta dalam acara – acara yang berkaitan dengan bidang kesehatan seperti seminar kesehatan maupun kegiatan lain seperti PIO On The Road“Peringatan Hari Kesehatan Nasional” dan PIO’s Corner.

Kegiatan yang sekarang terus berjalannya itu siaran di radio UNISI  104,5  FM secara rutin setiap selasa  jam  15.00. Acara tersebut bertemakan OBATKU OBAT KITA. Pada acara tersebut para pendengar bebas bertanya mengenai hal yang berkaitan dengan kesehatan serta obat-obatan melalui telpon maupun SMS, dengan narasumber tetap yaitu Yulianto, S.Farm, Apt., yang lebih dikenal dengan nama Sukir  yang  merupakan salah seorang apoteker muda lulusan UII yang merupakan dosen Farmasi UII yang aktif di organisasi Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Yogyakarta dan sekarangm enjabat sebagai Direktur PIO. PIO merupakan organisasi dibidang Pelayanan Informasi Obat  yang  strukturalnya berada dibawah Jurusan Farmasi dengan seorang dosen sebagai direktur PIO.

Interaksi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan PIO terlihat dari intensitas siaran di radio setiap minggu, event apoteker remaja yang diselenggarakan setiap tahun, dan pendampingan penyuluhan obat dan pembuatan brosur/ leafleat mengenai penyakit/obat sesuai topik yang disepakati.