Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia EnglishEnglish

Berita

Dosen Farmasi Dukung Unit Pelayanan Swamedikasi Laboratorium Mini Teaching Hospital (MTH) Prodi Profesi Apoteker UII

Selasa, tanggal 22 Mei Laboratorium Mini teaching Hospital Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UII mengadakan soft launching Unit Pelayanan Pengabdian Masyarakat melalui Unit Pelayanan Swamedikasi. Latar belakang pembentukan Unit Pelayanan Swamedikasi MTH adalah keinginan dari pengelola prodi profesi apoteker UII untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menghadirkan praktek pelayanan pengobatan mandiri (swamedikasi) dan konsultasi obat di dalam lingkungan kampus.

Dalam soft launching ini acara dibuka oleh Dekan FMIPA UII Drs. Allwar, M.Si, Ph.D. dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dengan adanya pelayanan pengobatan mandiri (swamedikasi) ini mampu melayani di lingkungan kampus dan juga masyarakat sekitar lingkungan Fakultas MIPA UII. Selanjutnya dianjutkan sambutan dari Kepala Program Studi Profesi Apoteker Dimas Adhi Pradhana, M.Sc., Apt, dalam sambutannya beliau menuturkan ujuan utama pembentukan Unit Pelayanan Swamedikasi MTH adalah memberikan pelayanan pengobatan mandiri (swamedikasi) bagi civitas akademika UII. Tujuan lain unit ini adalah mendukung program pemerintah dalam edukasi masyarakat berkaitan dengan Gema Cermat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat) yang diinisiasi oleh Kemenkes RI.

 

Pada saat ini, layanan utama yang disediakan adalah pelayanan pengobatan mandiri (swamedikasi) bagi pasien yang datang dengan keluhan penyakit ringan seperti sakit kepala, flu, maag.  Selain itu, disediakan pula pelayanan konsultasi obat bagi pengunjung yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang obat yang dikonsumsi, baik dari resep dokter seperti obat hipertensi, diabetes mellitus, asma, ataupun obat bebas dengan berbagai merk.  Pelayanan tersebut dilakukan oleh Apoteker jaga yang juga bekerja sehari-hari sebagai dosen Prodi Profesi Apoteker dan Prodi Farmasi UII.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan kartu anggota UPS oleh Kepala Program Studi Profesi Apoteker kepada Dekan FMIPA UII

Acara ditutup dengan konsultasi dan pengobatan gratis bagi seluruh karyawan dan dosen dalam lingkungan Fakultas MIPA UII. (SMS)

Source: http://science.uii.ac.id/soft-launching-unit-pelayanan-swamedikasi-laboratorium-mini-teaching-hospital-mth-prodi-profesi-apoteker-uii/

Prodi Farmasi
Fakultas MIPA
Universitas Islam Indonesia
Jl Kaliurang KM 14,5 Sleman DIY
Telp: 0274-895920,896439 Ext. 3021
Fax: 0274-896439

 Twitter  Facebook  Instagram