Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia EnglishEnglish

Berita

Kunjungan Tim Kebun Tanaman Obat Dan PSOH Ke BBPPTOOT

Jum’at (28/3/2014), Pusat Studi Obat Herbal (PSOH) Farmasi UII sebagai salah satu Pusat Studi UII yang bergerak dibidang pengembangan, penelitian, pengabdian masyarakat dan wadah pembelajaran tanaman obat,

memberangkatkan rombongan 36 orang yang terdiri dari 8 orang dosen dan tim serta 28 orang mahasiswa ke Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (BBPPTOOT) di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Kunjungan ini sebagai salah satu agenda studi banding PSOH bertujuan untuk meningkatkan wawasan, mutu, dan jaringan kerjasama PSOH yang baru menginjak usia ke-2 pada tahun 2014 ini.

Materi-materi yang diberikan BBPPTOOT mencakup pada pengenalan tanaman obat dan obat tradisional beserta pengelolaan dan pemeliharaan hingga pengembangan produk jadi. Pengurus PSOH mendapatkan materi-materi tersebut secara klasikal dan praktikal yang dimulai dari seminar, kunjungan ke kebun BBPPTOOT untuk mempelajari proses pembibitan dan pengolahan tanaman obat yang baik hingga pembuatan produk dan hasilnya. Kemudian rombongan berlanjut mengunjungi klinik BBPPTOOT dan disuguhkan proses pemeriksaan pasien, pembuatan resep oleh apoteker dan pelayan dokter herbal.

Setelah kunjungan ke BBPPTOOT selesai, disisipkan agenda pelantikan sebagai peresmian kepengurusan baru PSOH tahun ini. Bertempat di rumah makan Jimbaran. Acara tersebut dikemas dalam nuansa santai. Direktur PSOH, Hady Anshory T., S.Si. M.Sc., Apt. menyerahkan bibit tanaman obat sebagai simbol pemberian amanah kepada Ketua Koordinator, Ridho Hidayah, menggantikan Noor Syam Sidiq H., S.Farm serta Kepala Divisi kepengurusan PSOH baru tahun ini. Acara ditutup dengan sesi sharing dan dokumentasi disertai santap malam bersama. Rombongan PSOH bertolak menuju Yogyakarta membawa pulang semangat dan pengetahuan baru untuk memajukan PSOH Farmasi UII.

Prodi Farmasi
Fakultas MIPA
Universitas Islam Indonesia
Jl Kaliurang KM 14,5 Sleman DIY
Telp: 0274-895920,896439 Ext. 3021
Fax: 0274-896439

 Twitter  Facebook  Instagram