Nama-Nama Obat yang Sulit Diucapkan

By April 6, 2018FARMAPEDIA

Pasien mungkin kesulitan mengeja generik atau nama paten dari obat, namun bukan hanya pasien yang mengalami kesulitan itu.

Lembaga pengawas obat dan makanan Amerika Serikat, FDA (Food and Drugs Administration), mengakui bahwa sulit bagi seorang apoteker untuk tetap mengikuti informasi terkini tentang cara pengucapan nama obat-obatan. Berikut beberapa nama pengobatan yang memerlukan latihan khusus dalam pengucapan namanya:

  1. CART-T Therapies: Tisagenlecleucel and Axicabtagene Ciloucel

pada Agustus 2017, FDA menyetujuiTisagenlecleucel (Kymriah) sebagai pengobatan yang dapat digunakan oleh pediatris dan bagi pasien muda dengan lymphoblastic leukemia akut. Tiga bulan kemudian, Axicabtagene Ciloucel (Yescarta) disetujui untuk mengobati pasien dewasa dengan B-cell lymphoma tertentuyang tak merespon pada dua macam pengobatan. Kymriah dan Yescarta menjadi pengobatan pertama dalam terapi gen CAR-T yang melibatkan teknik sel imunitas pasien sebagai pengobatan kanker.

Pengucapan:

Tisagenlecleucel (tis a jen lek LOO sel)

Axicabtagene ciloleucel (ax i CAB tay jeen sye LO loo sel)

  1. Obiltoxaximab
    Obiltoxaximab (Anthim) adalah antibodi monoclonal yang diindikasikan untuk pasien dewasa dan anak-anak yang menghirup anthrax. Obat ini juga dikenal sebagai pencegah pengirupan anthrax ketika terapi alternatif tak tersedia atau tak efektif. Oleh karena uji klinis penghirupan anthrax terhadap manusia dianggap tak etis, maka efisiensi dari Obiltoxaximab diujicobakan pada kelinci.

Pengucapan:

Obiltoxaximab (oh bil tox AX i mab)

  1. Ixekizumab dan guselkumab

Ixekizumab (Taltz) dan guselkumab (Tremfya) adalah agen autoimun yang telah disetujui selama ebebrapa tahun terakhir untuk perawatan plaque psoriasis. Ixekizumab bertindak untuk melawan interleukin-17A. Sementara guselkumab adalah penghambat interleukin-23.

Pengucapan:
Ixekizumab (ix ee KIZ ue mab)

Guselkumab (gue sel KOO mab)

  1. Hexaminolevulinate
    Hexaminolevulinate (Cysview) adalah obat pencitraan optik yang digunakan dengan sinar biru cystoscopy untuk meningkatkan deteksi terhadap tumor pada kandung kemih, terutama carcinoma in situ. Obat ini dikenal memiliki manfaat lebih banyak dari sinar putih cystoscopy, sehingga dapat memperjelas luka yang mungkin tak terlihat. Hexaminolevulinate sebenarnya bukan sebuah pengobatan yang mungkin mayoritas penggiat farmasi akan lakukan atau temui, namun walau bagaimanapun perlu latihan mulut untuk mengucapkan pengobatan ini.

Pengucapan:

Hexaminolevulinate (hex a mee noe LEV ue lin ate)

  1. Glecaprevir & pibrentasvir

pada Agustus 2017 FDA mengyetujui AbbVie’s Mavyret, sebagai dosis yang tepat yang mengombinasikan antara glecaprevir, sebuah pencegah HCV NS3/4A, untuk perawatan pasien dewasa dengan infeksi HCV genotype 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, tanap sirosisi atau sirosis ringan. Dengan persetujuan ini Mavyret menjadi perwatan antikuman yang disetujui berdurasi selama delapan minggu untuk semua HCV.

Pengucapan:

Glecaprevir & pibrentasvir (glek A pre vir & pi BRENT as vir)

  1. Sebelipase alfa and taliglucerase alfa

Sebelipase alfa (Kanuma) adalah bentuk rekombinan dari enzim lysosomal acid lipase (LAL). Obat ini disetujui pada Desember 2015, dan menjadi yang pertama dan satu-satunya perawtaan yang disetujui FDA untuk kekurangan lysosomal acid lipase, sebuah kelainan langka yang diawlaami 1 dari 500.000 kelahiran. Taliglucerase alfa (Elelyso) adalah pengganti dari terapi lyosomal enzyme, walau bagaimanapun perwatan ini diindikasikan untuk perwatan pasien yang telah terkonfimasi didiagnosis menderita penyakit Gaucher Tipe 1.

Pengucapan:
Sebelipase alfa (se be LYE pase AL fa)

Taliglucerase Alfa (tal i GLOO ser ase AL fa)

  1. Ipilimumab
    Ipilimumab (Yervoy) adalah antibodi monoklonal yang bekerja untuk mengaktifkan sitem imun dengan mencegah CTLA-4. Obat ini diindikasikan untuk perawatan tumor yang tak dapat diangkat atau unresectable/metastatic melanoma dan untukcutaneousmelanoma. Obat ini diberikan kepada pasien sebagai infus dosis tinggi (weight-based dose infusion) setiap 3 minggu selama 4 total dosis untuk unresectable/metastatic melanomadan hingga 3 tahun untuk

Pengucapan:

Ipilimumab (ip i LIM u mab)

  1. Nabumetone
    Nabumetone (Relafen) adalah antiperadagangan nonsteroid atau nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID). Obat ini telah digunakan sejak 2000 untuk merawat rasa sakit dan peradangan. Nabumetone tidak terlihat seperti obat yang memiliki nama yang sulit diucapkan, namun banyak orang yang tertukar menyebut ‘m’ dan ‘b’ dalam kata itu.

Pengucapan:
Nabumetone (na BYOO me tone)

Sumber: pharmacytimes.com

Leave a Reply